Budidaya Tanaman Jagung Manis di Tengah Musim Penghujan Agar Tetap Panen Melimpah - Agritani

Budidaya Tanaman Jagung Manis di Tengah Musim Penghujan Agar Tetap Panen Melimpah

Oleh. Admin Agritani
7 December 2020 (9:39 PM)
Bagikan

AGRITANI – Bercocok tanam jagung manis di musim hujan memberikan tantangan tersendiri, terutama terkait intensitas serangan penyakit yang cenderung meningkat. Terlebih yang dipicu oleh infeksi bakteri dan jamur.

Penyakit busuk batang yang dipicu infeksi bakteri Erwinia chrysanthemi (saat ini bernama latin Dickeya dadantii) itu memang menjadi salah satu OPT utama pada tanaman jagung manis. Tingkat kerugian yang ditimbulkannya bisa mencapai 65% pada varietas yang rentan.

Tanaman jagung manis yang terserang busuk batang akan tiba-tiba rebah. Pasalnya, pada bagian pangkal batang yang terinfeksi bakteri menjadi lunak, berlendir, dan berwarna coklat sampai coklat tua. Sementara jaringan tanaman yang terinfeksi akan berbau busuk. Ciri khas penyakit ini adalah bagian batang yang melunak akan terpuntir.

Bakteri tersebut menginfeksi tanaman jagung melalui stomata atau luka yang ada pada daun dan batang. Selain itu,  Dickeya dadantii juga dapat ditularkan melalui benih dari tanaman yang telah terinfeksi.

Sedangkan untuk penyakit busuk pelepah yang disebabkan oleh jamur Rhizoctonia solani, gejalanya dimulai dari bagian tanaman jagung manis yang paling dekat dengan permukaan tanah.

Seiring waktu, gejala serangan yang berupa bercak berwarna putih keabu-abuan itu akan menjalar ke bagian atas tanaman. Pada varietas yang rentan, bercak tersebut bisa mencapai tongkol dan pucuk tanaman.

Pada tingkat serangan lebih lanjut, bercak tersebut akan meluas dan seringkali diikuti oleh pembentukan sklerotium secara tidak beraturan, berwarna putih, kemudian berubah menjadi coklat.

Antisipasi sejak dini

Antisipasi sejak dini. Itulah langkah awal yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi serangan OPT. “Pemilihan varietas adalah langkah awal yang sangat menentukan. Pilihlah varietas yang tahan terhadap serangan bakteri dan jamur, misalnya varietas ‘Golden Boy’.

Di samping itu, sebaiknya petani juga melakukan monitoring perkembangan hama dan penyakit, serta melakukan pengendalian sedini mungkin.

Kenali permasalahan OPT utama di area yang akan ditanami, beri perlakuan tambahan jika diperlukan.

Misalnya dapat dengan penerapan sistem budidaya tanaman yang sehat, yang diintegrasikan dalam teknologi pengelolaan hama dan penyakit tanaman secara terpadu akan memberikan hasil yang lebih baik.

Sementara untuk pengendalian secara kimiawi, penggunaan pestisida yang tepat dan bijaksana bisa menjadi alternatif solusi yang baik.

“Untuk mengantisipasi busuk batang Erwinia chrysanthemi bisa menggunakan fungisida Copcide 77WP yang berbahan aktif tembaga hidroksida yang juga bersifat sebagai bakterisida.

Sementara untuk Rhizoctonia solani bisa menggunakan fungisida RecorPlus 300EC yang berbahan aktif difenokonazol dan propikonazol.”

Referensi : [KEMENTAN] Menteri Pertanian. 2011. Peraturan MenteriPertanian Nomor 93/Permentan/OT.140/12/2011 tentang Jenis Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina. Jakarta (ID): Kementan.

Terakhir disunting : 1 month yang lalu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

×

Butuh bantuan?

×

  • mimin
    mimin mengulas Contoh Produk NPK

    produknya bagus

    mimin : produknya bagus

    1 month yang lalu..
  • Bolot
    Bolot mengulas

    Sangat bagus test

    Bolot : Sangat bagus test

    11 months yang lalu..
  • BOLOT
    BOLOT mengulas

    Bener kurang cartnya #2020FixUpdateTokoWhatsAppBlogger😁

    11 months yang lalu..
  • Unknown
    Unknown mengulas

    kalo toko whatsapp blogger ada via add to cart, auto beli kang .... request lah kang

    11 months yang lalu..
  • BOLOT
    BOLOT mengulas

    Mantap ini, kalau bisa beberapa fitur (yang bisa diambil) dari toko wa versi wordpress, bisa ditambahkan juga ke versi bloggernya kang, sekiranya bayar lagi, saya siap bayar.

    11 months yang lalu..
  • Rahmadi
    Rahmadi mengulas

    Wagelaseh ini kerenn parahh

    11 months yang lalu..
  • Aaaaa
    Aaaaa mengulas

    adsasdasda

    11 months yang lalu..
  • Aldi
    Aldi mengulas

    Mantapp..

    Aldi : Mantapp..

    11 months yang lalu..
  • Jasa-Design.web.id
    Jasa-Design.web.id mengulas

    Ini adalah contoh ulasan pengunjung / pembeli produk ( Tanpa Foto ), dimana ulasan produk terbaru seperti ini dapat di atur oleh pemilik Template Toko-WA.com ( Toko WhatsApp ) dengan status "Publish" atau "Pending"..

    11 months yang lalu..
  • Kang Rian
    Kang Rian mengulas Nama Produk 1

    Ini adalah contoh ulasan pengunjung / pembeli produk, dimana ulasan produk terbaru seperti ini dapat di atur oleh pemilik Template Toko-WA.com ( Toko WhatsApp ) dengan status "Publish" atau "Pending"..

    Kang Rian : Ini adalah contoh ulasan pengunjung / pembeli produk, dimana ulasan produk terbaru seperti ini dapat di atur oleh pemilik Template Toko-WA.com ( Toko WhatsApp ) dengan status

    12 months yang lalu..
  • Lainnya

    ×

    Agritani Agritani

    Dapatkan! Info & Produk Terbaru

    melalui media sosial Agritani :
    Subscribe    

    ×


    ×

    ×

    Belum ada produk..
      Subtotal:

      * Belum termasuk ongkir..
      %0A%0A— — — — — — — — — — —%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0ASubtotal : **%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0A


      Catatan : Total harga + ongkir yang harus dibayar akan diinformasikan oleh admin Agritani, setelah mengirim data pesanan.

      Kirim Pesanan