Penyebab Serangan Penyakit Akar Gada Dan Cara Mengatasinya - Agritani

Penyebab Serangan Penyakit Akar Gada Dan Cara Mengatasinya

Oleh. Admin Agritani
7 December 2020 (9:57 PM)
Bagikan

AGRITANI – Dalam usaha tani kubis-kubisan, istilah akar gada sudah tidak asing lagi. Itulah salah satu penyakit utama yang sering menimbulkan masalah bagi petani.

Mengenalinya lebih jauh akan sangat membantu dalam memberantas ‘sang dalang’ di balik penyakit akar gada, yaitu cendawan Plasmodiophora brassicae.

Ngentang atau oyot mrongkol atau engkol beutian atau akar pekuk, merupakan istilah-istilah lain dari penyakit akar gada yang kerap menjadi masalah serius bagi para petani tanaman suku kubis-kubisan atau Brassicaceae, utamanya kubis dan sawi putih.

Penyakit yang namanya disesuaikan dengan dampak yang ditimbulkan, yaitu berupa akar yang membengkak hingga berbentuk seperti gada, ini sudah menjadi endemis di beberapa sentra kubis di Indonesia seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

Tanaman kubis dan sawi yang terinfeksi penyakit ini akan menunjukkan gejala awal berupa layu pada seluruh bagian tanaman di waktu siang hari, layunya seperti tanaman yang kekurangan air. Namun akan kembali segar di waktu malam hingga pagi harinya.

Pada serangan lebih lanjut, pertumbuhan tanaman akan terhambat hingga menjadi kerdil. Tanamannya pun tidak mampu membentuk krop dan pada akhirnya akan mati.

Sang ‘pelaku’ dibalik serangan penyakit ini adalah cendawan Plasmodiophora brassicae. Jamur tingkat rendah dari kelas Plasmodiophoramycetes ini merupakan jamur lendir yang akan menghasilkan struktur plasmodium tidak berbentuk yang disebut amorphous. Tubuh amorphous sendiri umumnya berbentuk bulat atau lonjong berukuran (1,6 x 4,3) – (4,6 x 6,0) mikron, berduri atau berambut pendek.

Pencegahan Infeksi Akar Gada

Ada pepatah yang mengatakan; “mencegah lebih baik dari pada mengobati”, dalam hal pengendalian serangan “Akar Gada” penerapan pepatah itu sangatlah mujarab.

Salah satu langkah awal yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi serangan penyakit tersebut adalah “Pemilihan varietas”. Pilihlah varietas yang tahan terhadap serangan penyakit ini, misalnya untuk varietas kubis yang tahan serangan Akar Gada adalah Montana, Grand 33, dan Polaris. Sementara untuk varietas Sawi Putih salah satunya ialah varietas Yokohama.

Selain dengan memilih varietas yang tahan terhadap serangan Akar Gada, pencegahan terhadap serangan penyakit yang satu ini dapat dilakukan dengan cara penggunaan kapur pertanian (kaptan) pada lahan yang akan ditanami kubis atau sawi putih. karena, cendawan Plasmodiophora brassicae tidak menyukai PH tanah yang netral.

Terakhir disunting : 1 month yang lalu..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

×

Butuh bantuan?

×

  • mimin
    mimin mengulas Contoh Produk NPK

    produknya bagus

    mimin : produknya bagus

    1 month yang lalu..
  • Bolot
    Bolot mengulas

    Sangat bagus test

    Bolot : Sangat bagus test

    11 months yang lalu..
  • BOLOT
    BOLOT mengulas

    Bener kurang cartnya #2020FixUpdateTokoWhatsAppBlogger😁

    11 months yang lalu..
  • Unknown
    Unknown mengulas

    kalo toko whatsapp blogger ada via add to cart, auto beli kang .... request lah kang

    11 months yang lalu..
  • BOLOT
    BOLOT mengulas

    Mantap ini, kalau bisa beberapa fitur (yang bisa diambil) dari toko wa versi wordpress, bisa ditambahkan juga ke versi bloggernya kang, sekiranya bayar lagi, saya siap bayar.

    11 months yang lalu..
  • Rahmadi
    Rahmadi mengulas

    Wagelaseh ini kerenn parahh

    11 months yang lalu..
  • Aaaaa
    Aaaaa mengulas

    adsasdasda

    11 months yang lalu..
  • Aldi
    Aldi mengulas

    Mantapp..

    Aldi : Mantapp..

    11 months yang lalu..
  • Jasa-Design.web.id
    Jasa-Design.web.id mengulas

    Ini adalah contoh ulasan pengunjung / pembeli produk ( Tanpa Foto ), dimana ulasan produk terbaru seperti ini dapat di atur oleh pemilik Template Toko-WA.com ( Toko WhatsApp ) dengan status "Publish" atau "Pending"..

    11 months yang lalu..
  • Kang Rian
    Kang Rian mengulas Nama Produk 1

    Ini adalah contoh ulasan pengunjung / pembeli produk, dimana ulasan produk terbaru seperti ini dapat di atur oleh pemilik Template Toko-WA.com ( Toko WhatsApp ) dengan status "Publish" atau "Pending"..

    Kang Rian : Ini adalah contoh ulasan pengunjung / pembeli produk, dimana ulasan produk terbaru seperti ini dapat di atur oleh pemilik Template Toko-WA.com ( Toko WhatsApp ) dengan status

    12 months yang lalu..
  • Lainnya

    ×

    Agritani Agritani

    Dapatkan! Info & Produk Terbaru

    melalui media sosial Agritani :
    Subscribe    

    ×


    ×

    ×

    Belum ada produk..
      Subtotal:

      * Belum termasuk ongkir..
      %0A%0A— — — — — — — — — — —%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0ASubtotal : **%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0A


      Catatan : Total harga + ongkir yang harus dibayar akan diinformasikan oleh admin Agritani, setelah mengirim data pesanan.

      Kirim Pesanan